evaluasi kemping 100514

10.21 ipeh the pooh 0 Comments

ide ini muncul karena kesenangan..
yoi, ketagihan kemping bersama teman-teman, meskipun cuma numpang pindah tidur aja..
hehe...

bincang lanjut bincang, maka tercetuslah untuk membawa segerombolan bocah-bocah smp untuk merasakan nikmatnya kemping di alam terbuka. hitung-hitung berbagi pengalaman betapa nikmatnya kehujanan dalam tenda dan menikmati segelas susu di pagi hari dengan udara yang masih oke punya di iringi dengan kicauan burung, gemericik air dan gesekan daun. hegheg..

jadi, seketika tanpa pikir panjang dana darimana, kita memutuskan untuk langsung memutuskan tanggal 10-11 Mei sebagai hari eksekusi. ketakutan kita yang paling pertama adalah ajakan yang akan di tolak mentah-mentah oleh sekolah. tapi, eng..ing..ong..!! ini dia namanya gayung bersambut. yoi, tanpa bas bis bus..sekolah langsung acc kegiatan kita, lagi-lagi tanpa pikir panjang mau ngapain lagi selain pindah tidur dan menikmati segelas susu..!! wakakakakkk...

tapi, syukurlah saya berada diantara orang-orang cerdas, hebat dan tentu saja baik..!! ^^

persiapan kita lakukan hup..hup..!!
lokasi? ngeeengg..ngeeenng....!! kemon kita survey sana sini, panas hujan, hajar bleh..!!! sampai akhirnya kita memutuskan untuk memakai lokasi gunung bunder camping ground kawah ratu. karena budget bisa di tekan-kan-kan seminimal mungkin. apalagi ada seorang teman yang bisa dikatakan orang sana lah ya.. jadi, lokasi? cek...!!!

peralatan?
karena ini namanya kemping, kemping simpel sih cuma ke gunung bunder, tapi tetap aja persiapan peralatannya harus mantap. markicek...!!

tenda? kita butuh 9 tenda..!! yoi, bocahnya aja ada 33 orang, di tambah guru plus kakak-kakak manis yang baik hati dan rajin menabung. jadi? ilmu bas bis bus harus digunakan, lobi si abang-abang ganteng biar bisa dapat tenda murah. dan cek..!! si abang memang baik hati. dapat bonus bisa pinjam tenda 1 unit untuk 2 hari dan GRATIS...!! *langsung ancang-ancang liburan buka kalender..!!* oke..!! tenda? cek....!!!

alat masak? hei..apa sih serunya kemping? apalagi kalau bukan masak dengan peralatan terbatas. hehehe..jadi? adik-adiknya harus bawa alat masak sendiri kecuali kompor. yonkru..!! kita akan mengenalkan betapa nikmatnya mie yang dibuat sendiri pake kompor parafin. hehe.. =D alat masak? cek...!!!

matras? SB? kita ganti jadi trashbag, sarung dan tas. hehe.. oke? cek..!!
jas hujan? payung? karena kita masih di bogor, gunung lagi, jadi mereka di haruskan bawa. cek? baca kisahnya..

logistik? adik-adik kita cerdas kok, tanpa diperintahkan mereka punya inisiatif untuk bawa cemilan. ^^
untuk menu makan malam,  kita langsung bawa bekal dengan menu 3T (telur tahu tempe) plus sayur kangkung biar gampang tidur. menu sarapan kita diversifikasi pangan dengan roti, pisang dan susu. siang? waktunya masak-masak..!! yoi, masak makanan favorit anak kosan..!! mie goreng dan rebus.. =D
logistik? cek..!!!

dana?
kita juga gak tau dapat dana darimana. huehehe...yang jelas, kita tarikin dari adik-adiknya. dan untuk menutupi kekurangannya, voillaaa...!!! niat yang baik percaya atau gak selalu ada yang bantuin!! cliiinnnggg...!! dapat bantuan dari teman-teman yang antah berantah. so? cekk...!!!

kakak-kakaknya?
huehehe...ini dia..!! ternyata lebih susah nyari kakak daripada dana. wakakakkk...tapi itu tadi, niat yang baik, akan selalu ada yang bantuin. siapapun dia. ^^ dan hadirlah 6 orang kakak plus 1 yang baik hati itu yang akan bermain bersama bocah-bocah, dan tentu saja..siap di repotkan. huehehe... okesip? cekk...!!

dan berangkaaattttt....!!!


ini bukan kegiatan besar. tapi tetap perlu kumpul buat nyamain persepsi. kumpul sana-kumpul sini, ide sana dan ide ini. hup..!! tangkap yang memungkinkan dan kemon laksanakan..!!

hari eksekusi...!!
10 Mei 2014
12.30
niatnya mau kumpul buat nyamain persepsi. ehm..tetap kumpul tapi 13.30. haha..

15.00
kita cus..!!

17.00
sampai di lokasi, nanjak dikit buat ke areal kempingnya, dan tuingg..tuingg..tuing...!! kemon buat tenda..!
dan taraaannn...!! tenda jadi. ^^
bocah laki2 seru pasang tenda
bocah perempuan gak mau kalah
di sela-sela pasang tenda, ashar di alam terbuka.. ^^v
taraaanngggg...!!! tenda jadi..^^
18.00 -20.00
acara kita bebas, shalat, dan makan.
kakak2nya kumpul buat rencana2
20.00
apalagi kalau bukan api unggun. sedikit "adegan marah". cerita tentang moral dan etika. bernyanyi, dan penampilan dari kakak dan bocah2nya. semakin romantis dengan tetesan hujan. huehehehe...
api unggun

23.00
hujan..!! waktunya tidur..!! dan.."kak, tendanya banjir..!!  basah..!!"
haha..ini dia..!! jadi silahkan menikmati tidur di tenda basah. he-eh..!! air merembes ke dalam tenda, jadilah rembesan mereka masuk. jadi biarkan saja mereka biar belajar berpikir cerdas gimana caranya bisa tidur dengan tenda yang basah, dan tentu saja belajar untuk menerima keadaan, apapun itu..!! hehe...*mereka seharusnya belajar dari tenda kakaknya, tenda percontohan yang aman dari banjir dan tentu saja hangat. yaiyalah, ada matras, SB plus barang-barang. wakakakakakkk...*

11 Mei 2014
03.30
bocah-bocah udah bangun aja. oke..!! perlu di amankan..!! langsung persiapan shalat shubuh.

05.00-06.00
shubuh, plus kultum..!!
kultum-kuliah terserah antum

06.00-07.00
dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat..!! kemon kita gerak kanan kiri..!!
gerak kanan, gerak kiri

07.00-07.30
mereka meng-explore lingkungan. poto sana-poto sini.

07.30-08.00
kemon sarapan bersama roti, susu dan pisang..!!
persiapan mencari harta karun..!!

08.00-11.00
mari mencari harta karun..!! yoi..kita bermain untuk mencari harta karun yang hilang. kayak di film-film gitu. adik-adik cuma dapat clue buat menemukan kepingan harta yang harus mereka kumpulkan. dan setelah itu suiinngg...!! mereka hilang seketika lari-lari naik gunung turun bukit mencari kepingan itu. padahal, kepingan itu di jagain ma kakak-kakaknya. jadi udah nyampe pos dimana kepingan itu, perjuangan belum berakhir. mereka masih harus menyelesaikan tantangan dari si penjaga pos. tantangan tentang matematika IPA, kewarganegaraan, agama, fisik, dan uji kreativitas..!!
apakah pejuang-pejuang kecil itu berhasil? iya dong..!! kecuali mereka yang ogah-ogahan..!!
pos religi  yang menekankan pada agama

pos kemerdekaan yang menekankan tentang kenegaraan..!!
*tapi si adik kayak lagi latihan paskibra ya? wakakakkk...*
pos ilmiah yang ngecek lagi pengetahuan adik-adik tentang kejadian alam
pos kreativitas yang menekankan untuk bisa sekreatif mungkin
terhadap apapun yang diberikan  dalam waktu yang singkat
pos fisik yang menekankan pada tim building, dan tentu saja mental..!!
fokus dan seimbang
trus..trus...!! gitu aja?
o..tentu tidak..!! kalau gitu gak ada cerita yang menarik dong. iya kan? mereka belajar untuk luluran dengan lumpur..!! *eh*  =D
main lumpur.. =D
11.30-12.30
bersih-bersihh..!! masak.-masak..!! belajar sabar, soalnya kompornya gantian dan makan bareng. belajar mengingat teman dan berbagi. ^^v
kemon masak-masak..
ibu-ibu lagi heboh masak
12.30-13.30
shalat dan leyeh-leyeh..!!
enjoy..dengerin cerita kak Mumu.. ^^
13.30
hujaaannn...!! masuk tenda. ternyata hujan belum selesai, dan waktu pulang semakin dekat.
jadi? mobilisasi adik-adik ke tempat yang aman *warung*. kakaknya? main hujan...!! bongkar tenda. haha...
*dan kakaknya (*saya*) sangat senang bisa main hujan. bebas...!! hehe...*

14.30
hujan reda, tenda beres..!! jadi? ayolah masak. adiknya? masih duduk manis di warung. cengok liat kelakuan kakak-kakaknya. *geleng-geleng kepala*
mereka nakal, tapi baik..!! karena bocah-bocah itu masih membantu kita bongkar tenda, ikut hujan-hujanan. 

15.30
waktunya pulaanggg...!!!
yoi, kemping bersama bocah-bocah selesai. dan ini menyenangkan...!
semoga mereka merasakan hal yang sama. huehehe...

jadi sekian, laporan dari saya tentang kegiatan ini.
dan kamu tau, banyak hal baru yang ditemukan selama bermain bersama bocah-bocah ini..!!

yang jelas saya percaya,,
bahwa setiap manusia itu baik. setiap  manusia punya kesempatan. setiap manusia berhak menjadi lebih baik.
dan untuk mendapatkan manusia-manusia itu, gak jauh-jauh deh..!! itu tugas kita sebagai manusia dan tentu saja itu juga tanggungjawab kita sebagai manusia. jadi? mulai belajar liat lingkungan sekitar, baik buruknya mereka-mereka yang di sekitar kita akan menjadi tanggungjawab kita, orang-orang yang tau akan baik dan buruk terhadap apapun. ^^

satu lagi..!!
manusia itu sama kayak tanaman. sama-sama hidup. tanaman yang tumbuh di lingkungan yang baik, nutrisi cukup, matahari pas, air melimpah, maka akan tumbuh dengan baik, kalau gak baik berarti ada yang salah dengan benihnya. abnormal.
tanaman yang tumbuh di daerah yang terkena cekaman, dimana kondisinya kurang mendukungm tanaman berhak menciptakan metabolisme agar mereka bisa tumbuh. tapi bagaimanapun mereka tumbuh, gak bisa disalahkan, karena lingkungan yang membentuknya. dan akan ada manusia-manusia yang akan membantu tanaman itu biar bisa lebih tahan hidup di lingkungan yang bercekaman.

gak jauh beda kan dengan kondisi manusia? pertanyaannya adalah siapa yang akan membantu manusia yang berada di lingkungan bercekaman agar dapat hidup lebih baik?
*thinkagain*

You Might Also Like

0 komentar: