Marble Mountain, si Gunung marmer yang Menakjubkan..!!

11.08 ipeh the pooh 0 Comments



ini penampakan 2 dari 5 marble mountain.
pinjam punya orang

Ketika di ajak oleh si kawan untuk mengunjungi Marble Mountain, yang ada dibayangan hanya sebuah kesejukan di bawah pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi, suasana yang tentram dan angin yang bisa meninabobokan. Karena ini adalah mountain. Tapi, eng..ing..ong..!! bayangan itu segera terbantahkan ketika dengan kaki sendiri menginjak si Marble Mountain. Oke, saya kira itu hanya sebuah nama, dimana dulunya banyak Marble atau marmer disana. Tapi kawan, ini benar-benar Marble Mountain..!! ini bukan konon, tapi nyata benar-benar si gunung marmer..!!


Yoi, batu-batu yang menyusun si gunung ini adalah marmer. Antara asli atau bukan, saya tidak jago membedakan. Tapi ketika sampai puncak ada batu marmer seabrek-abreknya, yang tersusun menjadi tangga yang luicin kalo gak hati-hati, saya jadi mikir beberapa kali untuk meragukannya. 

menuju goa yang kesekian, masih gersang
Marble Mountain ini gak sendiri. Tapi ada lima. Yup, mereka lima bersaudara, yang menggambarkan lima elemen yang menyusun alam. Yaitu Kim Son (Metal-Logam), Thuy Son (Water-air), Moc Son (Wood-kayu), Hoa Son (Fire-api) dan Tho Son (Earth-tanah). Dan gunung yang bisa dikunjungi adalah Thuy Son, dan bisa sampai puncak. Karena udah ada tangga yang tersusun rapi dan licin. Bahaya kalau gak hati-hati. 

cahaya yang  masuk menembus
dinding batu, dan itu marmer











Di Thuy Son ini banyak goa-goa tempat patung-patung Budha yang menjulang tinggi berdiam diri. Ceritanya, Marble Mountain ini menjadi pusat penyebaran agama Budha, makanya banyak patung-patung Budha yang bersemedi sepanjang abad. Hampir di sepanjang perjalanan menuju puncak gunung, akan kita temui goa-goa yang wangi semerbak kemenyan. Yoi, rata-rata wisatawan yang datang tidak hanya sekedar datang dan menikmati ukiran si patung, tapi sekaligus beribadah dan berdoa. Gunung ini antara gersang dan rindang. Ada sudut-sudut yang sama sekali botak, gak ada pohon. Dan ada beberapa sudut yang ada pohon, tapi gak banyak. Jadi kalau kamu membayangkan gunung-gunung ini layaknya gunung-gunung di Indonesia yang punya banyak pohon, segera lupakan. 

ini sebelum puncak, disana lautan lepas..!!
Pada zaman perang Vietnam, Marble Mountain ini menjadi benteng dan rumah sakit bagi orang-orang Vietkong. Kata William Broyles Jr’s dalam Brothers in Arms, Marble Mountain ini adalah tempat pertahanan yang tidak di ketahui oleh penjajah karena Marble Mountain yang di kelilingi oleh pegunungan batu di sisi barat dan laut di sisi timur sehingga menjadi kekuatan bagi orang Vietkong. Bahkan dalam sejarahnya, melalui puncak gunung ini pesawat-pesawat tempur Amerika berhasil di tembak oleh para pejuang wanitanya. 

Terik matahari yang bersinar, membakar kulit akan menemani perjalanan hingga puncak gunung. ada yang istimewa di atas puncak sana. Yoi, susunan batu-batu marmer yang berantakan, dan sudut 3600 penuh dengan pemandangan kota Da Nang dan pantai yang menyatu membentuk garis cakrawala  di tambah dengan si Matahari yang bersinar terik, meskipun awan setia menutupinya dan angin yang berhembus sesekali. *seandainya ada Hammock dan pohon, mungkin ini menjadi tempat yang paling menarik untuk menikmati secangkir kopi, hehe..*

*Sumber dari cerita ini dari gugel dan melihat sendiri selama perjalanan, yang saya bahasakan melalui cara saya. ^^v*

You Might Also Like

0 komentar: