random #2

14.06 ipeh the pooh 0 Comments

seperti gulma

kamu pernah dengar kata gulma? merasa asing? atau sudah menjadi ahli gulma? bagi saya atau kamu yang bergelut sebagai mahasiswa pertanian, tentu saja kata itu menjadi makanan sehari-hari. bahkan ada masanya ketika matamu penuh dengan nama-nama gulma.

yak, gulma itu nama kerennya tumbuhan yang tumbuh bukan pada tempatnya. tumbuhan yang tumbuh subur, tetapi tidak di harapkan. seperti menanam jagung,tumbuh alang-alang, tanam cabe tumbuh rumput -yang entah apa namanya-, tanam padi tumbuh rumput-rumput yang mirip padi.
dan mereka semua tidak diinginkan, maka para petani, pakar pertanian akan melakukan hal yang sama, membunuh gulma, mencabut gulma agar produksi tanaman tidak terganggu.

banyak cara yang dilakukan agar gulma tidak tumbuh dan mengganggu tanaman utama. mulai dari cara manual, mencabutnya, membabatnya menggunakan mesin, menggunakan mulsa, atau dengan menyemprotkan herbisida agar gulma mati.

tapi gulma tetap lah gulma. yang akan terus tumbuh liar, tumbuh dan terus tumbuh. sehari, seminggu, sebulan bahkan bertahun-tahun setelah gulma di babat habis.
gulma, akan tetap tumbuh meskipun para petani tidak mengharapkan kehadirannya di kebun miliknya.

dan kamu telah menjelma menjadi gulma. kembali tumbuh meskipun telah berusaha dibabat habis, di bakar bahkan telah diberi racun.

2 juni 2015
edelweis, Bogor.

You Might Also Like

0 komentar: