Selamat datang Juni..

06.51 ipeh the pooh 0 Comments

Selamat datang Juni...
kata om Sapardi dalam puisinya yang berjudul "Hujan bulan Juni"..

tak ada yang lebih tabah
dari hujan bulan Juni
dirahasiakannya rintik rindunya
kepada pohon berbunga itu

tak ada yang lebih bijak
dari hujan bulan Juni
dihapusnya jejak-jejak kakinya
yang ragu-ragu di jalan itu

tak ada yang lebih arif
dari hujan bulan Juni
dibiarkannya yang tak terucapkan
diserap akar pohon bunga itu

saya mengenal puisi ini juga dari seekor merak..dan memulai sedikit mencari arti dan maksudnya dengan seorang teman yang juga mencintai om Sapardi. Iham, saya memanggilnya. apakah kita menemukan arti dari puisi ini?? tentu saja...iya..tentu saja tidak..!! hehe...
karena puisi adalah rangkaian kata yang memiliki banyak makna. dan kita (saya:red) sempat bertanya-tanya maksud dari om Sapardi mengapa harus Hujan di bulan Juni? kenapa gak April? Mei? atau Desember gitu...
menemukan jawaban yang masuk logika, karena hujan di bulan Juni termasuk ajaib. kan hujan udah mulai jarang tuh di bulan Juni. menurut klimatologi, bulan Juni adalah puncaknya bulan yang hot-hot gimanaa..gitu..

trus..trus..
ada apa dengan puisinya? gak ada apa-apa sih..cuma pengen bilang selamat datang bulan Juni, trus keingat ma om Sapardi deh..hehe..

setelah dibaca lagi, menurut saya..
memang, bulan Juni bulan yang tabah, yang bijak dan arif..

bulan Juni, ibu saya lahir..(ibu paling bijak)
dihapusnya jejak-jejak kakinya, yang ragu-ragu di jalan itu..
(memberi keyakinan kepada setiap anak-anaknya)

bulan Juni, kereta nenek saya berhenti.. T.T (nenek paling arif)
dibiarkannya yang tak terucapkan, diserap akar pohon bunga itu
 (kasih sayang yang selalu mengalir..)

bulan Juni, bulan ujiannya para siswa dan mahasiswa..(tabah ya menghadapi ujian..)
dirahasiakannya rintik rindunya,kepada pohon berbunga itu
 (rintik rindu = deg-degan, pohon berbunga = ujian..)

pas kan??
hehe...
*biarlah ya sedikit maksa, tapi bener loh..baca lagi deh kalimat-kalimat tiap baitnya, punya makna tersirat. dan saya suka meskipun harus berpikir lagi, arti dan maksudnya apa..
hihi...

sekali lagi..
selamat datang bulan Juni..
sberharap menjadi bulan yang lebih baik..
^^v

You Might Also Like

0 komentar: