Petani wanna be..!! (part 4)

17.32 ipeh the pooh 0 Comments



Catatan ini diambil dari seorang teman, disan tertulis “KONSEP BERTANI JAWA by TIMBUL SUNARNO”

dan catatan ini membuka mata, kalau para petani itu rajin dan hidupnya selaras dengan alam.
yoi...!! petani yang baik, tau kalau alam itu menyediakan semua kebutuhan tapi tidak untuk keserakahan...!!


TANI
diTrawang Abang diudaNi Ireng. Dilihat sepintas berwarna merah, tapi jika dicermati dan dikupas berwarna hitam. Pertanian memang terlihat gampang dan serba jelas akan tetapi dalam prakteknya pertanian adalah serba gelap, banyak resiko kegagalan yang harus ditanggung.
https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xpa1/v/t1.0-9/10444706_10204318026379899_7616520995878142603_n.jpg?oh=3feeb1a1c489d69657aeda97f820b912&oe=54C814F0&__gda__=1422034406_5b384afef17881e2cd7c723c2033ccd6
lukisan ini yang buat kakek Dahlan M. ^^v


Gendong Gentong, Kesandung etung, artinya gentong yang tidak punya “leher” akan sulit di gendong karena tidak ada pegangannya. Hal ini sama dengan dunia pertanian yang tidak ada patokannya ataupun panduan bagaimana melakukannya secara benar. Kondisi ekosistem pertanian yang bersifat dinamis dan spesifik menjadi pedoman abadinya.

Madu ujude, pahit rasane, artinya madu yang seharusnya berasa manis tapi kenyataannya terasa pahit. Kondisi ini seperti kondisi pertanian yang sebebanrny tumbuh baik tapi tidak bisa dipanen. Dan yang seharusnya panen baik, tapi tidak laku.

BERTANI
Ulah timbangan. Mengembangkan keseimbangan. Bertani mutlak mengikuti keseimbangan alam. Sifat alam yang terus berubah dan keanekaragaman yang tinggi menjadi rujukan petani. Usaha tani yang hanya mengelola satu komoditi akan sangat rawan.

Ngarah lor Kidul Keno. Membidik utara, selatan juga kena. Bertani harus menghasilkan banyak produk yang bertolak belakang. Selain produk utama, produk sampingan juga tidak kalah nilai ekonominya.

Angon masa kala. Memperhatikan dan peka terhadap kondisi dan situasi. Bertani diwajibkan selalu memperhatikan dan peka terhdap kondisi dan situasi. Kondisi potensi dan masalah lingkungan, situasi masyarakat dan lembaga terkait usaha, menjadi pertimbangan untuk melakukan usaha tani.

PETANI
Saguh gagah ora wegah. Jika sudah niat jangan malas. Petani adalah profesi yang membanggakan jika berhasil. Jika ingin memperoleh hasil salah satu syaratnya adalah giat dan tekun

Anetei kabisan. Memanfaatkan kemampuan. Petani yang hidup di alam perdesaan sebenarnya punya kemampuan diri dan lingkungan yang tinggi. Modal manusia, sosial, alam, fisik, finansial harus dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan.

Gambuh Ngambuh. Bersenyawa dan menyerap. Petani harus berhubungan dengan banyak pihak. Dan selama menjalin hubungan dengan pihak lain harus berpandai-pandai untuk menyerap apapun yang bersifat baik. Informasi, pengalaman, ilmu pengetahuan adalah air bernilai yang meski diserap.

USAHA TANI
Ngudi Wini. Mengelola benih. Benih adalah sumber kehidupan yang mengandung bobot, bebet, bibit yang dapat disrtikan sebagai sifat fisik kimia dan biologi

Gemi lemi. Menyimpan liat. Liat adalah salah satu partikel tanah yang berfungsi sebagi menyimpan makanan. Liat dapat dibentuk dari bahan organik yang telah terurai sempurna. Mengelola bahan organik berarti menyimpan makanan untuk sekarang dan akan datang.

Angon Banyu. Mengatur air. Setetes air mengandung jutaan kristal. Air menjadi bahan baku kehidupan. mengatur  air berarti berusaha menyediakan air secara kuantitas, kualitas dan kontinuitas.


*tobecont*

You Might Also Like

0 komentar: